Senin, 30 Januari 2012

Asma Ibu dan Jenis Kelamin Janin

Sulit untuk menghubungkan antara ibu hamil yang mempunyai penyakit asma dengan jenis kelamin janin yang dikandungnya. Tapi peneliti di Australia menemukan bahwa ibu hamil yang mempunyai asma akan lebih sering mendapat serangan asma bila dia mengandung bayi perempuan. Penyebabnya tidak diketahui, diduga janin perempuan menghasilkan suatu senyawa yang dapat membuat asma sang ibu bertambah buruk. Demikian yang dituangkan dalam konferensi American Thoracic Society di Florida.
Dari 118 ibu hamil yang mempunyai asma, hampir 70% yang mengandung janin laki-laki, bebas dari serangan asma selama kehamilannya. Sedang yang mengandung janin perempuan, 61% yang bebas serangan asma hingga 18 minggu kehamilannya, dan hanya 28% yang bebas serangan asma pada saat memasuki usia 30 minggu. Gejala asma yang terjadi pada malam hari terlihat meningkat pada ibu hamil yang mengandung janin perempuan pada saat kehamilannya berusia 18 - 30 minggu. Tidak demikian bagi mereka yang mengandung janin laki-laki, tidak mengalami masalah gangguan pernafasan tersebut pada malam hari.
Penelitian yang lain menemukan bahwa ibu hamil yang banyak mengkonsumsi minyak ikan, yang mengandung banyak asam lemak omega-3 berguna untuk mencegah bayinya untuk menderita asma dan alergi.
Orang tua yang menderita asma, berisiko besar untuk mempunyai anak yang menderita asma. Dan kelihatannya minyak ikan dapat berinteraksi dengan gen pembawa asma dan entah dengan cara apa membuat risiko asma pada anak menurun. (sumber : http://health.kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar