Rabu, 21 Desember 2011

Posisi Terbaik Kala Tidur

http://3.bp.blogspot.com/_QJ9DMVwVLSA/TSDTvwSdKHI/AAAAAAAAAe0/R3NjG_0TwoA/s1600/tidur%2Byg%2Bideal.jpg
Berhati-hatilah saat tidur, karena posisi tidur yang salah menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Mari kita simak posisi tidur terbaik dan terburuk menurut para ahli, baru-baru ini.


Posisi di terlentang adalah posisi yang sangat ideal untuk tidur malam. Posisi ini membantu mencegah munculnya rasa sakit di leher dan punggung, serta dapat mengurangi refluks asam dan mengurangi kerutan. 

Untuk orang-orang yang mendengkur dan memiliki kelainan tidur apnea tidak dapat mengaplikasikan posisi ini. Sedangkan mereka yang memiliki nyeri pada leher dapat menggunakan posisi ini, namun harus menggunakan roller atau bantal untuk mencegah ketidaknyamanan.

Posisi yang paling nyaman berikutnya adalah menyamping di satu sisi. Posisi ini membantu para penderita nyeri punggung (para dokter menyarankan untuk menempatkan bantal di bawah lutut untuk meringankan pinggang), dan mencegah mendengkur pada saat yang sama. 

Wanita hamil disarankan untuk tidur di sisi kiri mereka. Dalam posisi ini, darah normal bersirkulasi ke janin. Namun, dalam kasus ini, bahu dan leher akan mengalami ketegangan. Selain itu, posisi ini dapat berkontribusi menyebabkan munculnya keriput pada bagian wajah yang menyentuh bantal.

Menurut dokter, posisi yang paling berbahaya adalah posisi bertelungkup. Selain menyebabkan keriput, leher, dan punggung pun mudah cedera, karena tulang belakang tidak diluruskan.
Selain itu, belakang serta sendi tidak beristirahat. (sumber : http://unikdot.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar