Jumat, 23 September 2011

Kopi Turunkan Resiko Kanker Prostat?

Selain berguna menghindari rasa kantuk, kopi diyakini memiliki manfaat lain. Penelitian di Harvard University menyimpulkan, seperti dilaporkan laman New York Times, baru-baru ini, pria peminum kopi dalam jumlah banyak ternyata beresiko lebih rendah terhadap kanker prostat.
            
Para peneliti menemukan bahwa para pria yang mengonsumsi enam cangkir atau lebih dalam waktu sehari, hampir 20 persen beresiko lebih rendah dalam mengembangkan kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum kopi sama sekali. Penelitian itu melibatkan 47.911 pria yang secara berkala melaporkan kegiatan mereka dalam jumlah mengonsumsi kopi.
            
A8 Kopi Brillian 200Lebih penting lagi, para peminum kopi berat juga ditemukan 60 persen lebih rendah dalam mengembangkan penyakit mematikan itu dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum sama sekali,” kata peneliti. “Bahkan pria yang minum hanya satu sampai tiga cangkir kopi bermanfaat hampir 30 persen lebih rendah terkena kanker prostat.”
            
Penelitian itu melibatkan kopi yang berkafein atau bebas kafein. Penelitian yang dipublikasikan secara online di The Journal of National Cancer Institute itu merupakan salah satu penelitian yang pertama dalam menghubungkan konsumsi kopi dengan resiko lebih rendah terkena kanker prostat.
            
“Kami belum memberitahu ke publik agar meminum banyak kopi,” kata Kathryn M Wilson dari Harvard School of Public Health. “Hal ini juga tak perlu diragukan lagi. Kami memiliki bukti nyata dalam penelitian ini. Jadi, mereka tidak perlu khawatir jika mengonsumsi banyak kopi.”
            
Kopi merupakan sumber makanan utama antioksidan. Penelitian lain menyarankan bahwa meminum kopi terkait dengan adanya manfaat kesehatan, termasuk resiko rendah diabetes tipe 2.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar