Jumat, 07 Oktober 2011

Air Putih Turunkan Resiko Diabetes Hingga Tujuh Persen


Menenggak minuman bersoda memang segar dan memberikan sensasi yang seru di mulut. Tetapi jika Anda ingin menghindari kemungkinan terkena diabetes, pilihlah air putih ketimbang minuman bersoda atau minuman manis lainnya.


Para peneliti dari Harvard University, Amerika, menunjukkan temuan baru mereka bahwa mengganti minuman manis dengan air putih akan membantu secara signifikan untuk menurunkan berat badan sekaligus menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 hingga tujuh persen. Hasil penelitian tersebut dirilis akhir pekan lalu oleh the Sustaining the Blue Planet : Global Water Education Conference di Montana, Amerika.

“Untuk menurunkan resiko obesitas dan penyakit cardiometabolic, sangat penting untuk menurunkan konsumsi minuman manis dan menggantinya dengan air putih atau teh dan kopi tanpa gula,” ungkap Professor Frank Hu dari the Harvard School of Public Health,seperti dikutip oleh Daily Mail. Dia juga menambahkan, bahwa minuman bersoda dan manis meningkatkan resiko penyakit hati.

Penyakit diabetes tipe 2 adalah penyakit diabetes paling umum. Menurut situs diabetes Australia, tipe ini dialami 85 - 90 persen penderita diabetes. Biasanya, penyakit ini menyerang orang yang lebih tua dengan usia di atas 45 tahun. Namun kini semakin banyak orang muda bahkan anak-anak yang terserang diabetes tipe 2 ini. Lebih lanjut, riset dari peneliti Harvard University itu menunjukkan bahwa orang yang mengalami diabetes tipe 2 akan kehilangan kemampuan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Hal inilah yang kemudian menyebabkan level tekanan gula darah melonjak.

Di Inggris sendiri, menurut data dari National Health Service (NHS), menunjukkan lebih dari 2,8 juta orang mengalami kondisi kronis diabetes. Sedangkan satu juta orang lainnya mengidap penyakit tersebut tanpa mengungkapkannya.

Menurut Kinvara Carey, General Manager Natural Hydration Council di Inggris, seiring meningkatnya kepedulian mengenai obesitas, penting untuk mengubah gaya hidup secara massal. Kata Carey, ada cara sederhana untuk membantu kita mencapai gaya hidup yang lebih sehat.

“Memperhatikan apa yang kita minum adalah sama pentingnya dengan memperhatikan apa yang kita makan. Air putih tidak mengandung kalori maupun bahan-bahan tambahan lain,” kata Carey.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar