Kamis, 20 Oktober 2011

Bangun Tidur, Wajib Minum Air Putih


Kawan remaja, kalau kamu punya kebiasaan minum air putih saat baru bangun tidur, ternyata kebiasaan itu punya banyak manfaat bagi kesehatan lho.


Masing-masing tubuh kita memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda, ini karena tergantung dari beberapa faktor seperti berat badan, jenis kelamin, cuaca dan juga aktivitas yang dilakukannya sehari-hari. Nah, kalau kamu aktif secara fisik atau tinggal diiklim panas, maka kebutuhan airnya lebih banyak. Dibutuhkan waktu disiplin dan komitmen untuk membiasakan diri mengonsumsi air putih langsung setelah bangun tidur. Karena apa? Hal itu bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan. Mau tahu apa saja keuntungan minum air putih pas bangun tidur? Cek ini!

Menghilangkan Racun

Minum air di pagi hari akan membantu meringankan fungsi ginjal dalam hal menghilangkan berbagai racun dan ‘sampah’ dari dalam tubuh lho. Yup, ini karena pas malam hari tubuh nggak mendapatkan asupan cairan.

Meningkatkan Tenaga

Meminum air di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme dan membantu kamu lebih waspada serta merasa lebih segar karena adanya peningkatan energi di dalam tubuh. Karena hampir semua bagian tubuh memerlukan air agar bisa bekerja secara optimal, jika tubuh dehidrasi akan timbul kelelahan  dan lesu sehingga nggak efisien.

Mengurangi Berat Badan

Nah, ini yang paling penting kawan. Umumnya tubuh nggak bisa membedakan antara rasa lapar dan haus, makanya konsumsi air minum bisa membantu membedakan hal tersebut. Kalau kamu minum air putih pas lagi lapar akan terlihat adanya penurunan nafsu makan sehingga membantu menurunkan berat badan, dan menghindarkan konsumsi minuman lain yang tinggi gula, kalori atau kafein. Kamu harus tahu nih, untuk mengetahui apakah tubuh terdehidrasi dengan baik atau asupan airnya cukup bisa dilihat dari warna urine, normalnya warna urine yang baik adalah jernih dan bukan kuning pekat.

Jadi, yuk biasakan minum air putih setelah bangun tidur. (sumber : remaja.suaramerdeka.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar