Senin, 10 Oktober 2011

Tips Sebelum Memasuki Masa Kehamilan


Sebaiknya, sebelum Anda berbadan dua, waspadai berat badan Anda. Karena, bukan hal yang baik untuk melakukan olahraga yang berat di kala hamil. Berat badan yang cenderung tinggi, dapat berpotensi menimbulkan diabetes dan darah tinggi. Hal ini tentu saja tak baik bagi kesehatan Anda dan si jabang bayi. Dengan berat badan yang proporsional, akan memberikan tempat yang nyaman bagi si kecil di dalam perut Anda.


STOP merokok dan alkohol

Anda pastinya sudah cukup mengerti bahaya dari merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Tidak usah menunggu masa kehamilan, bahkan wanita yang sedang tidak hamil sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi dua hal ini. Rokok dan alkohol telah teruji klinis dapat menyebabkan penyakit pada jantung dan hati kita. Hal ini akan sangat memengaruhi bayi dalam tubuh Anda. Khususnya pada keadaan mentalnya.

Segera hentikan pengaruh buruk ini jauh hari sebelum Anda hamil. Dan doronglah suami Anda turut andil dalam pencegahan ini, karena banyaknya mengonsumsi rokok dan minuman keras, dapat menurunkan jumlah sperma pada lelaki.

Kurangi kegiatan traveling Anda

Anda pencinta travelling? Do it Now! Sebelum Anda hamil, pergilah ke tempat manapun yang Anda suka. Karena para dokter pasti menganjurkan Anda tidak terlalu banyak duduk diam di dalam mobil.  Saat Anda duduk di kursi dalam waktu yang lama, hal ini akan sedikit menghambat proses peredaran darah di dalam tubuh.

Waspadai penggunaan obat

Obat dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit pada diri kita. Namun dalam hal ini, ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi pada dokter yang ahli. Pasalnya, ada beberapa jenis obat yang tidak baik di konsumsi selama pra kehamilan. Efeknya? Tentu saja tidak hanya terjadi pada kita, namun, si jabang bayi pun dapat terkena efek dari zat-zat yang terkandung di dalamnya.

Cek kesehatan gigi Anda

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa hubungan kesehatan gigi dengan bayi di dalam perut kita.

Tanpa Anda sadari, gigi adalah tempat bersarangnya berbagai kuman yang terdapat pada sisa makanan. Sehingga, gigi yang tidak higienis dapat menyalurkan makanan yang kita konsumsi kepada si jabang bayi. Dengan begitu, bayi di dalam perut akan mengonsumsi makanan yang tidak higienis, sehingga, tentu saja hal ini tidak baik bagi kesehatannya. Sementara itu gigi yang tidak sehat juga dapat menunda kehamilan.

Suntik imunisasi

Jangan berpikir jika orang dewasa tak lagi memerlukan imunisasi. Tahukah Anda, deasa kini siapapun dapat terjangkit virus dari berbagai tempat dan cara. Ada baiknya bagi Anda untuk lebih mewaspadai virus di sekitar Anda. Karena tentu saja, terkena suatu virus, seperti cacar air dapat membahayakan bagi keadaan bayi dalam perut Anda.

Cek gen Anda

Pengecekan gen mempunyai manfaat yang besar bagi Anda dan si kecil. Dengan ini , Anda bisa tahu penyakit apa saja yang ada pada diri Anda, atau penyakit apa saja yang mungkin dapat menjangkit Anda dan bayi Anda kelak. Jika Anda tidak merasa memiliki penyakit yang serius, bagaimana dengan kakek-nenek Anda? Bisa jadi, Anda adalah gen yang membawa penyakit itu kepada turunan Anda. Jika Anda melakukan pengecekan sejak dini, maka akan memudahkan Anda untuk mencari solusi agar penyakit dapat disembuhkan, atau malah tidak menyalur pada bayi.

Cat rumah Anda sekarang

Pada saat Anda hamil, pastilah menginginkan sesuatu yang baru pada rumah Anda. Mungkin Anda ingin warna yang lebih cerah pada dinding rumah Anda? Lakukan sebelum Anda hamil. Karena, cat mengandung bahan kimia yang dapat terhirup dengan mudah. Jika Anda sedang hamil banyak menghirup udara tak sehat seperti zat kimia, maka hal ini akan sangat berefek buruk pada kesehatan bayi.

Tambahkan asupan asam folat

Asam folat dipercaya kaya akan vitamin B. Mengonsumsi vitamin B dalam jumlah yang banyak, dapat mengurangi resiko kecacatan pada bayi Anda. Asam folat biasanya terkandung pada sayuran hijau, seperti bayam, makanan seperti sereal pun juga dianjurkan sebagai penambah vitamin dalam tubuh.

Kurangi mengonsumsi minuman tak sehat

Mungkin beberapa dari kita sudah kecanduan terhadap minuman sejenis kopi atau softdrink. Penting bagi Anda untuk mulai mengurangi bahkan mengonsumsi minuman yang mengandung banyak kafein maupun soda tersebut. Seperti yang telah kita ketahui, soda dan kafein tidak mempunyai manfaat bagi tubuh kita. Malah beberapa di antaranya sangat merugikan. Jika Anda sudah terbiasa mengonsumsinya, kurangilah sedikit demi sedikit. Jangan sampai apa yang Anda sukai dapat berpengaruh buruk bagi buah hati.

Pilih perawat Anda sendiri

Bidan atau dokter yang merawat Anda dapat mempengaruhi kelahiran bayi Anda. Selain dilihat dari segi profesionalisme, Anda juga harus melihat dari segi kenyamanan Anda terhadap mereka. Jangan sampai, ketidaknyamanan Anda terhadap mereka, dapat membuat Anda sebal dan pada akhirnya akan mempengaruhi proses lahirnya buah hati Anda.

Perhitungkan biaya yang akan Anda keluarkan

Anda patut mempertimbangkan segala biaya yang akan dikeluarkan dalam kelahiran si bayi. Sebelum Anda bertindak asal dan ceroboh, hitunglah berapa dana anggaran yg Anda punya. Entah untuk perlengkapan si bayi atau pun proses bersalin, Anda harus memikirkan matang-matang. Hal ini patut Anda lakukan agar Anda tidak hanya terpaku pada satu tujuan saja, hidup Anda dan si bayi masih panjang, jika Anda mulai teliti dalam menghitung dana mulai dari sekarang, maka Anda tidak akan mengalami stress pasca kehamilan.

Bersihkan kotak peliharaan Anda

Jangan sekali-kali melakukan hal yang ceroboh pada saat Anda mengandung. Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang Anda sayangi, saat bagi Anda untuk membersihkan rumah Anda sebelum Anda hamil. Hal ini dilakukan agar Anda dan bayi terhindar dari berbagai virus yang terdapat pada hewan ataupun tempat tinggalnya. Penyakit yang ditimbulkan oleh beberapa hewan berdarah hangat ini cenderung sangat berbahaya. Pasalnya penyakit yang bernama  toxoplasmosis ini bersifat parasit. Kontaminasi kotoran dari tangan merupakan faktor resiko yang signifikan.

Warnai rambut Anda

Jika Anda ingin mengubah warna rambut, lakukan sekarang juga. Seperti halnya cat rumah, ternyata zat yang terkandung pada pewarna rambut juga tidak bagus untuk kesehatan kita. Selain dapat terhirup langsung dari hidung kita, proses dimana rambut kita diberi zat kimia yang berlebihan juga dapat mempengaruhi tubuh kita. Yang lagi-lagi akan berdampak pada kesehatan bayi Anda.

Sebelum memasuki masa kehamilan, lakukanlah hal-hal yang Anda inginkan sejak sekarang. Karena di masa kehamilan, Anda patut menjaga dan merawat kondisi Anda sang buah hati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar